Tips Jitu Agar Ponsel Android Anda Terlindung dari Virus

Virus Android
Bagi anda yang ingin atau sedang mudik, pasti anda akan mencari informasi tentang jalur mudik yang nyaman via Ponsel Android anda. Informasi itu dapat dicari dengan bantuan Google. Tapi anda harus berhati-hati saat mengunduh informasi atau aplikasi tersebut.

Kenapa anda harus berhati-hati? hal itu dikarenakan, ancaman dari virus atau trojan yang akan selalu mengancam Ponsel Android kesayangan anda. Jangan sampai anda lengah cuma gara-gara mengarah ke link sesat. Bisa-bisa ponsel Android anda bisa error.

Pertengahan tahun 2012 ini sudah dideteksi 3 installer palsu untuk update aplikasi untuk Android, yaitu Androidos_ADSMS.A, Androidos_Dordrael.l, dan Androidos_crusewin.A. Ada juga malware terbaru, namanya Droid Dream Light (DDLight). Yang ini telah berhasil mengecoh 30.000 – 120.000 pengguna Android.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara agar mengamankan ponsel Android kesayangan anda? Berikut caranya:

1. Manfaatkan standar fitur keamanan di ponsel Android mu
Masuklah ke menu > Setting, lalu Pilih > Location & Security > dan masukkan data seperti no PIN dan Password untuk mengunci ponsel. Hal ini bermanfaat untuk mengamankan data-data pribadi anda saat ponsel hilang secara fisik.

2. Jangan pilih seting Auto Connect untuk Wi-Fi
Masuklah ke dalam menu > Wireless & Network, lalu pilih > WiFi Setting, nonaktifkan fungsi Auto Connect untuk Wi-Fi, apalagi jika kamu memakai Internet banking.

3. Hindari instal aplikasi selain dari Android Market
Agar terhindar dari Trojan Android, instal hanya aplikasi yang ada di Android Market. Baru-baru ditemukan Trojan Android dari sebuah penyedia layanan aplikasi pihak ketiga di Cina.

4. Hati-hati saat sebuah aplikasi meminta ijin untuk membuka akses data pribadi
Jika aplikasi yang diinstal meminta ijin untuk membuka beberapa data, pastikan kamu tidak memberikan ijin akses untuk masuk ke data pribadi, seperti list kontak telepon.

5. Gunakan aplikasi keamanan khusus ponsel Android mu
Selain waspada saat menginstal dan membuka link tertentu, kamu disarankan untuk juga menginstal aplikasi keamanan untuk ponsel. Trend Micro Mobile Security for Android misalnya, bukan saja mengamankan password kamu,tapi juga semua data transaksi mobile banking kamu.

Semoga berguna untuk kamu yang sayang sama Ponsel Android kamu yah ;).

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik Lainnya