Android Surganya Pembajak Aplikasi?

Android Surganya Pembajak Aplikasi?
Seorang developer Mac OSX dan iOS yang bernama Matt Gemmell, asal Skotlandia, mengatakan bahwa Android sebagai sistem operasi telah membuat Android menjadi surga pembajak. Hal itu disampaikannya melalui tulisan dalam sebuah blog pribadi.

Pendapat beliau didasarkan pada sebuah fakta bahwa developer lebih sulit mendapat uang dari membuat aplikasi untuk Android, daripada platform lain seperti iOS.

Beberapa minggu yang lalu, developer Madfinger Games menggratiskan sebuah aplikasi game Dead Trigger di Android karena terdesak oleh tingginya angka pembajakan aplikasi di platform itu. Daripada membiarkan gamenya dibajak, ia memilih untuk menggratiskan Game tersebut.

Gemmell berkata bahwa pengguna Android sering membajak software karena bisa melakukannya dengan sangat mudah. "Mudah, karena sistem Android dibangun dengan mentalitas terbuka," ujarnya.

Untuk mengunduh perangkat lunak bajakan pada Android, pengguna hanya perlu mencari file (.apk) di internet lalu meng-copinya ke suatu perangkat Android tanpa perlu memodifikasi apa pun layaknya jailbreak pada iPhone. "Sejak awal, sistem Android memang dirancang untuk pembajak. Jadi, adanya pembajakan adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari."

"Sistem tertutup lebih baik untuk bisnis," ujar Gemmell. Dia juga menambahkan bahwa pembajakan adalah gejala kegagalan membuat model bisnis yang efektif. Satu-satunya solusi untuk mengatasi pembajakan, menurut Gemmell, adalah menjadikan Android sebagai sistem tertutup.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik Lainnya