Tips Memilih Tablet Android yang Cocok Untuk Anda

Tips Memilih Tablet Android yang Cocok Untuk Anda

Sekarang,  OS Android yang menawarkan open source, kini tampil lebih merakyat, Harga-harganyapun sudah terbilang miring. Jika jaman dulu harga tablet di atas Rp. 4 jutaan, sekarang banyak tablet Android yang sudah di jual mulai dari harga Rp. 1 jutaan. Meskipun seperti itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda membelinya. Sebagai konsumen, anda harus pintar untuk memilih produk mana yang memang cocok untuk kebutuhan. Memang prinsip ‘harga menentukan kualitas’ tak bisa dihilangkan, tapi lewat tips ini diharapkan anda dapat memilih dan memilah produk tablet mana yang terbaik dan cocok sesuai dengan kebutuhan anda.

Untuk memilih tablet android yang tepat simak artikel berikut ini:

1.Merek
Bils anda adalah orang yang mementingkan merek, pilihlah tablet Android dari merek yang sudah terpercaya dengan melihat sejarah merek itu. Jika sebelumnya merek itu sudah produksi tablet android, maka bisa dipertimbangkan untuk menjadi pilihan, karena akan semakin banyak pengembangan dari produk sebelumnya. Merek yang besar juga memiliki beberapa poin penting yaitu:

•Nilai jual kembali: Jika Android merek terkenal, lebih gampang dijual lagi dan harganya cenderung stabil. Jadi anda tidak rugi-rugi sekali jika ingin menjualnya kembali.

•Lokasi service center: biasanya merek terkenal didukung oleh lokasi service center yang banyak dan pelayanannya baik. Jadi segala urusan konsultasi sampai memperbaiki tablet bisa lebih mudah, terjangkau dan terpercaya.

•Ketersediaan aksesoris: aksesoris dari merek terkenal lebih gampang dan banyak ditemukan. Misalnya sarung silicon, sarung kulit, dll.

CATATAN: meski ada tablet yang diluncurkan oleh vendor merek lokal, bukan berarti tablet itu dibuat sendiri oleh vendor yang bersangkutan, melainkan tablet tersebut dibuat oleh vendor lain (pihak ketiga). Jadi walau anda jumpai tablet berharga ‘murah’ tapi mengusung prosesor dari Qualcomm, itu bisa menjadi poin yang positif untuk anda hitung sebagai kekuatan.

2.O.S
Pilih tablet Android dengan O.S yang tepat. Umumnya tablet-tablet Android middle low yang dijual saat ini paling rendah mengusung versi 2.2 (Froyo). Pastikan bahwa versi yang Anda beli memang Froyo, dan jangan lupa untuk tanyakan ke pihak penjual, apakah versi Froyo di tablet tersebut dapat di upgrade ke 2.3 (Gingerbread) .Tapi lebih disarankan untuk mencari tablet Android yg ber-OS Honeycomb karena lebih optimal. Tetapi sepertinya, Gingerbread Masih Jadi OS Android Terfavorit.

3.Ukuran
Pastikan tujuan anda membeli tablet, jika anda mementingkan kenyamanan untuk multimedia entertainment, pilih tablet dengan ukuran besar, misalnya 10.1 inchi bisa jadi pilihan anda. Jika anda ingin yang lebih praktis, ukuran 7 inchi pas untuk di kantong baju atau bahkan celana. Atau alternatif lain yang cukup praktis tapi tidak terlalu besar, ada pilihan ukuran 8.9 inchi.

4.Prosesor
Prosesor adalah otaknya sebuah tablet, semakin tinggi prosesor, maka kinerjanya akan semakin
cepat dan responsif terhadap aplikasi-aplikasi yang dijalankannya. Oke, anda bingung? Baiklah, Saya merekomendasikan anda untuk membeli tablet dengan prosesor di atas 600Mhz. Yang sedang booming saat ini adalah 1.2 Ghz dual processor atau 1.4 Ghz dual processor.

5.RAM
Semakin besar RAM disuatu Tablet, maka semakin bagus performa tablet tersebut. Apalagi ketika membuka beberapa aplikasi bersamaan. Kapasitas RAM yang umumnya digunakan adalah 128 MB, 256 MB, 512 MB dan 1 GB. Saya sarankan membeli tablet Android yang memiliki kapasitas RAM minimal 256 MB.

6.Dukungan Komunitas
Kalau sudah ada tablet Android idaman anda, disarankan untuk bergabung dengan komunitas-komunitas atau penggemar dari Android, akan lebih baik bila anda cari komunitas atau forum yang spesifik pada merek dan tipe tablet tersebut. Dengan mengikuti pembicaraan di komunitas, sedikit banyak wawasan anda akan tablet tersebut akan terbuka lebih luas, anda juga bisa melihat apa saja yang terbaru mengenai Tablet anda.

Oke, saya rasa cukup segitu saja untuk memudahkan anda membeli Tablet Android impian anda. Saya harap bermanfaat. Terimakasih.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Menarik Lainnya